Teknologi Smartphone berkembang sangat cepat setiap tahunnya, semua yang dibutuhkan kini dapat diakses melalui smartphone seperti internet, email, sms, video call, game, online shopping dan masih banyak lagi fitur yang dapat digunakan melalui smartphone. Namun kebutuhan kosumen masih terus meningkat sehingga para vendor smartphone harus terus melakukan riset tentang keinginan konsumen untuk dapat memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dapat berinovasi yang lebih dan tetap terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam memilih smartphone di kalangan Generasi Y dan Z di Kota Bandung tahun 2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive sampling, dengan jumlah sampel 309 responden Generasi Y dan Z di Kota Bandung. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Konjoin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut yang paling penting menurut preferensi responden dalam memilih smartphone adalah atribut harga dengan nilai kepetingan tertinggi sebesar 30,855% dan level tertinggi dalam preferensi harga adalah Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 dengan nilai kegunaan 2,229.
Dan level tertinggi yang menjadi preferensi smartphone yang paling diinginkan konsumen adalah smartphone dengan spesifikasi yang memiliki kemampuan processor sebesar Octa-core, RAM dengan kapasitas 4GB, kamera 18MP, memori internal sebesar 64GB, fitur tambahan yang dimiliki smartphone yaitu fast charging, ukuran layar dari 5 inci hingga 5.5 inci, body material terbuat dari kaca, dah harga sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang preferensi konsumen terhadap smartphone dan dapat membantu produsen memahami fitur desain untuk memperbaiki desain produk smartphone mereka.
Kata kunci: Preferensi, Smartphone, Analisis Konjoin