PENGARUH PENGGUNAAN CHANNEL ZENIUS EDUCATION DI YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN PELAJARAN SEKOLAH DI KALANGAN PELAJAR (Studi Pada Siswa SMA Negeri 3 Bandung)

AGUNG NUGRAHA RAMDHANI

Informasi Dasar

18.04.589
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan channel YouTube Zenius Education terhadap pemahaman pelajaran sekolah di kalangan pelajar SMA Negeri 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan membagikan angket kepada para siswa SMA Negeri 3 Bandung. Teori yang menjadi dasar penelitian adalah media baru Computer Mediated Communication (CMC) dan pemahaman pelajaran. Populasi dalam penelitian ini yaitu para siswa SMA Negeri 3 Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana, uji korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari penggunaan channel YouTube Zenius Education terhadap pemahaman pelajaran sekolah di kalangan pelajar SMA Negeri 3 Bandung. Terbukti dari uji parsial diperoleh nilai untuk thitung sebesar 13,633> 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasakan dari analisis koefisien yang dilakukan diperoleh nilai sebesar 0,821. Sehingga, penggunaan channel YouTube Zenius Education berpengaruh sebesar 67,4% terhadap pemahaman pelajaran sekolah di kalangan pelajar SMA Negeri 3 Bandung, sedangkan sisanya 32,6% dipengaruhi oleh hal lain diluar penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel channel YouTube Zenius Education dan pemahaman pelajaran sekolah di kalangan pelajar SMA Negeri 3 Bandung sudah baik karena berada pada kategori sangat kuat dan seluruh indikator dari penggunaan channel YouTube Zenius Education berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman pelajaran sekolah di kalangan pelajar SMA Negeri 3 Bandung. Kata kunci: YouTube, Zenius Education, Pemahaman Pelajaran, Computer Mediated Communication.

Subjek

MEDIA OF COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH PENGGUNAAN CHANNEL ZENIUS EDUCATION DI YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN PELAJARAN SEKOLAH DI KALANGAN PELAJAR (Studi Pada Siswa SMA Negeri 3 Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG NUGRAHA RAMDHANI
Perorangan
Ira Dwi Mayangsari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini