Fenomena pendidikan sejarah dalam kurikulum 2013 merupakan salah satu wajib dipelajari oleh siswa terutama kelas XI. Pendidikan pemerintah harus memajukan dalam bidang pendidikan melalui teknologi. Metode konvesional untuk diandalkan sangatlah tidak cukup sehingga siswa berkurang motivasi dalam proses belajar mengajar. Narasi aspek yang diutamakan dalam menggambarkan sebuah peristiwa mementingkan tokoh dan latar. Proses komunikasi dapat penekanan dalam grafik sebagai peningkatan informasi yang disampaikan seperti informasi perang Pangeran Diponegoro sebagai konten materi pendidikan sejarah. Peran teknologi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran melalui multimedia. Bisa berupa gambar 2 dimensi, 3 dimensi, atau realis bergerak di desain grafis seperti film dipresentasikan di sebuah video yang bergerak. Penampilan multimedia motion graphic pembelajaran sejarah tentang kisah perang Pangeran Diponegoro dapat menarik untuk remaja SMA. Dirancang demikian tahapnya supaya mempermudah merancang konsep visualisasi perang Pangeran Diponegoro dengan pra produksi, produksi dan pasca produksi.