Abstrak
Review tentang tempat wisata menjadi salah satu hal yang sangat penting di jaman sekarang. Banyak website yang
menyediakan review suatu tempat wisata, salah satunya TripAdvisor. Dalam website tersebut banyak sekali review
yang tertulis sehingga menciptakan berbagai aspek penilaian dan sentimen (seperti sentimen positif dan negatif).
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan analisis sentimen ulasan TripAdvisor pada tempat wisata
sehingga dapat diketahui aspek penilaian apa saja yang sering dibahas oleh pengunjung serta dapat menentukan
penilaian secara spesifik. Berdasarkan ide tersebut, Metode OSPM dipilih karena dapat meningkatkan penambangan
polaritas dengan ontology yang memberikan informasi suatu topik secara terperinci. Penambangan polaritas bertugas
untuk menentukan kategorisasi topik dan orientasi positif dan negatif pada sebuah informasi. Selain itu, penelitian ini
juga menguji performa penilaian tempat wisata dalam menangani klasifikasi aspek dan klasifikasi sentimen dengan
menggunakan metode OSPM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Ontology dapat digunakan untuk
mengklasifikasikan aspek serta polaritas dengan cara mencocokkan kata atau frasa yang muncul di dalam review
dengan kata atau frasa yang terdapat di dalam ontology. Dari analisis tersebut diperoleh rata-rata precision dan akurasi
klasifikasi aspek dan sentimen dengan menggunakan metode ontology sebesar 87% dan 83% untuk tempat wisata Sari
Ater, Kawah Putih, dan Tangkuban Perahu.
Kata Kunci: TripAdvisor, sentiment analysis, Ontology Supported Polarity Mining (OSPM), ontology.