PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan yang diperingkat PT. PEFINDO pada 2012-2016)

HAFIZAH TRISNO

Informasi Dasar

18.04.681
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peringkat obligasi merupakan alat ukur yang memudahkan investor untuk mempertimbangkan informasi mengenai tingkat keuntungan (return) yang diharapkan dan tingkat risiko (risk) yang akan ditanggung dari obligasi dalam berinvestasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan ulang penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obigasi. Variabel yang diteliti berupa rasio yang terdiri atas leverage yang diproyeksikan oleh debt to equity ratio, likuiditas yang diproyeksikan oleh current ratio, profitabilitas yang diproyeksikan oleh return on asset dan aktivitas yang diproyeksikan oleh total asset turnover. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang diperingkat oleh PT. PEFINDO pada tahun 2012 – 2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 45 sampel dengan 9 perusahaan selama 5 tahun. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik dengan menggunakan sofware SPSS 22. Dari penelitian ini didapatkan hasil antara variabel independen yaitu leverage, likuiditas, profitabilitas dan aktivitas perusahaan mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu peringkat obligasi sebesar 29,6% dan sisanya 70,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar variabel-variabel yang diteliti Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel leverage, likuiditas, profitabilitas dan aktivitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap peringkat obligasi. Serta variabel leverage berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap peringkat obligasi sedangkan likuiditas, profitabilitas dan aktivitas perusahaan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap peringkat obligasi.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan yang diperingkat PT. PEFINDO pada 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZAH TRISNO
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini