Pengaruh Rasio Profitabilitas, Free Cash Flow dan Rasio Leverage Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

DYNA AYU NOOR SEPTIANI

Informasi Dasar

18.04.714
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saham merupakan salah satu instrumen keungan yang paling banyak diminati oleh investor dengan harapan memperoleh return saham yang tinggi. Namun, untuk mendapatkan return atas investasi saham tidak mudah, karena risiko yang harus ditanggung oleh investor berbanding lurus dengan return yang akan diperoleh. Maka dari itu, investor perlu melakukan analisis kinerja keuangan perusahaan untuk memperoleh return saham yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Profitabilitas, Free Cash Flow dan Rasio Leverage terhadap Return Saham pada perusahaan subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan subsektor pertambangan batubara tahun 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS 24. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara simultan Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Debt To Equity Ratio (DER) dan Debt To Total Assets Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Sedangkan secara parsial, Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Debt To Total Assets Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham sedangkan Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam mengenai return saham dikarenakan variabel independen dalam penelitian ini hanya dapat menjelaskan sebesar 73.7% dan sisanya 26.3% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata kunci : NPM, ROA, EVA, MVA, DER, DAR, Return Saham

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Rasio Profitabilitas, Free Cash Flow dan Rasio Leverage Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DYNA AYU NOOR SEPTIANI
Perorangan
vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini