PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

SITI NURMEGARANU BINTANG

Informasi Dasar

18.04.720
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah campur tangan dalam proses penyusunan pelaporan keuangan eksternal, dengan tujuan untuk memperoleh kepentingan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konservatisme akuntansi, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Variabel konservatisme akuntansi diproyeksikan dengan menggunakan rumus CONACC. Variabel leverage diproyeksikan menggunakan debt to asset ratio (DAR), Ukuran perusahaan di proyeksikan menggunakan Ln total asset dan profitabilitas diproyeksikan menggunakan return on asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012 sampai 2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 32 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 160 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konservatisme akuntansi, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan secara parsial Leverage tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, Konservatisme Akuntansi dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap Manajemen Laba. Profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Manajemen Laba.

Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Leverage. Ukuran Perusahaan Profitabilitas dan Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NURMEGARANU BINTANG
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini