STEGANALISIS SINYAL WICARA BERFORMAT WAV DENGAN METODE MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC) DAN LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS (LDA)

ALIFIA PUTRI ANANTHA

Informasi Dasar

18.04.762
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berkembangnya kemudahan pertukaran data melalui berbagai media, berkembang pula teknik-teknik menyembunyikan dan penyisipan pesan salah satunya steganografi. Di era yang sangat marak dengan cybercrime ini, timbul kekhawatiran bahwa steganografi dapat disalahgunakan oleh berbagai oknum. Dalam penelitian ini, telah dirancang sebuah sistem yang dapat melakukan steganalisis suatu berkas sinyal wicara berformat .wav dengan menganalisis karakteristik ciri suatu file speech. Metode yang digunakan untuk mengekstraksi ciri sinyal wicara adalah Mel-Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) dan metode yang digunakan untuk menyeleksi ciri adalah Linear Discriminant Analysis (LDA). Hasil keluaran dari sistem ini berupa kondisi yang menyatakan berkas sinyal wicara merupakan berkas sinyal wicara asli, tersisip pesan tersembunyi, atau tersisip noise. Klasifikasi yang digunakan adalah Support Vector Machine (SVM) dan performansi sistem terbaik yang didapatkan adalah 82,86% dengan kondisi audio latih dan audio uji menggunakan hamming window, terdapat overlapping, panjang frame 30 ms, serta jumlah mel-filter bank yang dibangun sebesar 20.

Kata Kunci : steganalisis, speech signal, wav, Mel-Frequency Cepstral Coefficient, Linear Discriminant Analysis

Subjek

Speech processing system
 

Katalog

STEGANALISIS SINYAL WICARA BERFORMAT WAV DENGAN METODE MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC) DAN LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS (LDA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA PUTRI ANANTHA
Perorangan
Bambang Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini