Penulisan dari perancangan mobile game android yang berjudul “Pitung” ini ditujukan untuk memberikan pengenalan terhadap karakter Pitung dan dapat memberikan hiburan bagi siapapun yang memainkannya. Berdasarkan dari globalisasi, perkembangan media dan budaya asing yang sudah menyebar luas, dikhawatirkan jika Karakter Pitung tidak dipertahankan, maka karakter yang satu ini akan terlupakan. Sangat disayangkan jika karakter Si Pitung sampai hilang tertelan oleh zaman, khususnya untuk remaja yang memiliki umur berkisar antara 12-15 tahun yang manjadi audience utama bagi Penulis. Karena diketahui bahwa sudah ada kemunculan dari generasi yang sudah mulai melupakan Karakter Pitung khususnya pada remaja di usia 12 tahun, sehingga pencegahan harus dilakukan agar karakter Pitung tidak benar-benar terlupakan. Juga diketahui jika remaja pada umur 12-15 tahun rata-rata sudah memiliki smartphone dan menyukai video game, untuk itu menjadi peluang bagi Penulis untuk menggunakan perangkat keras smartphone sebagai perangkat keras utama untuk realisasi perancangan ini, serta menggunakan media video game khususnya dalam bentuk mobile game android. Untuk itu mobile game android ini ditujukan sebagai solusi permasalahan bagi penulis untuk menjadi pencegah agar permasalahan ini tidak benar-benar terjadi, tetapi juga dapat memberi hiburan terhadap audience utama yaitu para remaja, agar mereka tertarik untuk memainkan mobile game android ini
Kata kunci : Karakter Pitung, globalisasi, audience remaja, Smartphone, video game