PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PERTAMBANGAN LOGAM DAN MINERAL LAINNYA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 - 2016)

DERI ANDRIYANA

Informasi Dasar

18.04.809
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemerintah telah menetapkan kewajiban bagi perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia seperti sektor pertambangan untuk menjalankan kegiatan CSR dan mengungkapkannya di dalam laporan tahunan. Selain melaksanakan kewajiban, perusahan juga dapat memperlihatkan citra yang baik kepada masyarakat bahwa perusahaan tidak mengejar keuntungan semata tetapi juga menjalankan pembangunan berkelanjutan. pengungkapan CSR diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan yang diperhatikan investor maupun calon investor dalam membuat keputusan memilih tempat investasi. Hal ini juga akan berperngaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sub sektor pertambangan logam dan mineral lainnya yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi data panel terhadap empat perusahaan sub sektor pertambangan logam dan mineral lainnya dengan pengungkapan CSR yang diukur dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial sebagai variabel independen. Kinerja keuangan yang diukur oleh ROE (Return On Equity) sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor pertambangan logam dan mineral lainnya yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 4 perusahaan yaitu PT Aneka Tambang (persero) Tbk, PT Vale Indonesia, PT SMR Utama Tbk dan PT Timah (persero) Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR yang diukur dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur ROE. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen lain yang diprediksi dapat mempengaruhi kinerja keuangan tidak hanya ROE saja. Bagi investor agar memahami dan memperhatikan mengenai pentingnya pengungkapan corporate social responsibility dalam membantu investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi. Bagi perusahaan agar menyadari akan pentingnya pengungkapan corporate social responsibility dan harus dilakukan secara sinergis atau fokus pada tiga aspek dimensi dari triple bottom line yang meliputi dimensi ekonomi, dimensi lingkungan dan dimensi sosial.

Kata Kunci: CSR, Pengungkapan CSR, Dimensi Ekonomi, Dimensi Lingkungan dan Dimensi Sosial, Kinerja Keuangan ROE

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR PERTAMBANGAN LOGAM DAN MINERAL LAINNYA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 - 2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DERI ANDRIYANA
Perorangan
NORITA, ALDILLA IRADIANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini