PERANCANGAN KOMIK EDUKASI UNTUK MENGENALKAN HARIMAU SUMATERA PADA SISWA SD

SATRIA DIO ERLANGGA

Informasi Dasar

18.04.854
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Harimau sumatera merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk dalam kategori terancam kepunahan. Dua faktor utama yang menjadi penyebab kelangkaannya ialah berkurangnya habitat mereka dan perburuan liar yang terus dilakukan manusia. Sulitnya menangani masalah perburuan ini disebabkan oleh masih banyaknya masyarakat perkotaan yang masih membeli hasil buruan berupa bagian-bagian tubuh maupun utuh untuk dijadikan bahan obat, jimat, maupun hiasan. Kasus-kasus tersebut dilatarbelakangi oleh ketidaktahuan masyarakat mengenai jenis-jenis hewan yang dilindungi dan sedang terancam kepunahan.

Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mencoba untuk merancang media edukasi mengenai pengenalan harimau sumatera untuk anak-anak. Anak-anak dipilih menjadi target audiens sebagai upaya jangka panjang dalam menanamkan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan alam dan satwa yang ada di Indonesia, khusunya harimau sumatera. Melalui pengumpulan data dengan melakukan wawancara, kuesioner, dan observasi, penulis berkesimpulan untuk membuat media edukasi dalam bentuk komik.

Komik edukasi ini diharapkan dapat menjadi media yang disukai anak-anak dalam menyampaikan berbagai informasi mengenai harimau sumatera. Dengan menyampaikan edukasi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif ke depannya sehingga tercipta generasi yang memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dan satwa di Indonesia.

Subjek

COMICS
 

Katalog

PERANCANGAN KOMIK EDUKASI UNTUK MENGENALKAN HARIMAU SUMATERA PADA SISWA SD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA DIO ERLANGGA
Perorangan
TAUFIQ WAHAB
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI
  • VDG4I6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini