PERANCANGAN KAMPANYE MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KRIMINALITAS DALAM RIVALITAS DI DUNIA SEPAKBOLA UNTUK SUPORTER PERSIB BANDUNG.

MUHAMAD IQBAL AZHARI

Informasi Dasar

18.04.856
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sepak merupakan olahraga yang paling banyak digemari di dunia, begitu pula di Indonesia. Sepakbola bukan hanya sekedar olahraga atau permainan belaka, sepakbola menjadi suatu industri hiburan tersendiri untuk masyarakat. Suporter memiliki peran penting dalam dunia sepakbola. Banyak pengaruh yang dapat dirasakan dari kehadiran suporter, hal tersebut dapat berdampak baik bagi klub juga dapat membawa dampak buruk. Salah satu yang paling merugikan yang disebabkan oleh suporter ialah kerusuhan yang sering terjadi di dalam ataupun di luar lapangan. Fenomena rivalitas suporter ini telah menjelma menjadi masalah sosial yang sangat mengganggu. Salah satu konflik antar kelompok suporter sepakbola di Indonesia yang sering menjadi sorotan ialah antara Bobotoh dan The Jakmania. Kejadian yang sering terjadi adalah kericuhan dan tindakan anarkis ketika Persib dan Persija bertemu di satu pertandingan. Maka dari itu, dalam membantu terciptanya perdamaian kedua belah pihak diperlukan pendekatan terhadap kedua pihak suporter. Upaya perancangan kampanye sosial menggunakan ilmu Desain Komunikasi Visual ini dianggap tepat. Kampanye di kemas secara menarik, dan tanpa menyudutkan satu pihak yang mengajak untuk mengubah kebiasaan buruk demi kemajuan sepakbola Indonesia. Perancangan kampanye ini menggunakan metode analisis SWOT dan AIDA untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari media yang dirancang. Data diperoleh melalui kuisioner yang diberikan kepada para Bobotoh atau suporter Persib Bandung serta melalui wawancara kepada pihak yang terkait sebagai narasumber, dan studi literatur. Media yang digunakan akan melalui beberapa tahap, pertama pengenalan dengan menggunakan poster dan media pendukung lainnya sebagai attention, merchandise yang diproduksi sebagai interest, dan akun media sosial Instagram sebagai desire, sehingga pada akhir nya akan membuat action pada Bobotoh untuk dapat memahami pesan kampanye dan menghilangkan kriminalitas dalam rivalitas di dunia sepakbola Indonesia. Kampanye sosial ini bertujuan meningkatkan kesadaran suporter akan pentingnya keselamatan dan kenyamanan dalam dunia sepakbola serta mengganti rivalitas negatif dengan rivalitas yang positif.

Kata Kunci: Media Sosial, Rivalitas, Kampanye Sosial, Sepak Bola.

Subjek

CAMPAIGNS
 

Katalog

PERANCANGAN KAMPANYE MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KRIMINALITAS DALAM RIVALITAS DI DUNIA SEPAKBOLA UNTUK SUPORTER PERSIB BANDUNG.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD IQBAL AZHARI
Perorangan
ARRY MUSTIKAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini