Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung)

ANNISA NOVIA SARI

Informasi Dasar

18.04.874
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi pelaku hijrah yang berada dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku komunikasi dengan melihat motif yang terdapat dalam diri seseorang untuk melakukan tindakan berhijrah dan bagaimana mereka memaknai hijrahnya setelah melakukan kegiatan tersebut serta interaksi yang dipertukarkan seseorang yang berhijrah dengan lingkungannya baik lingkungan keluarga maupun lingkungan pertemanannya yang dapat membentuk perilaku untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi dengan membangun pemahaman dari realitas yang tampak dan melihat suatu fenomena melalui orang yang mengalaminya. penelitian ini menggunakan enam orang informan dengan tiga informan adalah informan utama dan tiga lainnya sebagai informan pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah ada empat motif yang membuat seseorang berhijrah yaitu dorongan masa lalu, dorongan teman, ingin mempengaruhi orang lain dan dorongan masa depan. Selain itu terdapat makna hijrah bagi pelakunya yaitu ingin terus memperbaiki diri, membuat diri lebih berhati – hati dan membuat pemahaman baru dalam melihat agama Islam. Selain itu, hasil penelitian ini adalah melihat perilaku komunikasi berdasarkan interaksi yang dipertukarkan oleh pelaku hijrah terlihat dari bahasa yang digunakan tidak memiliki perbedaan dengan sebelum berhijrah, namun lebih menggunakan bahasa yang lebih baik dari kebiasaan lamanya yang dianggap buruk, ingin mengajak orang lain agar merasakan hal yang serupa dengan orang yang telah memiliki pengalaman berhijrah dengan metode pendekatan yang berbeda – beda.

Kata kunci : Hijrah, Motif, Makna, Interaksi, Perilaku.

ABSTRACT The purposed of this researched is to know about Communication behaviour on Hijra persons in “Shift : Gerakan Pemuda Hijrah” in Bandung City. The purpose of this research is to know what is the personal motivation from someone’s who decide to hijra & how they understanding their hijra after they did all the process of hijra. Then, they have been changed the behaviour on their enviorment. Either family circle or friendship circle which can decide to make a new behaviour to doing something. This research has using Qualitative Method with study of phenomenology by reconstruct an understanding from the reality which was happened & seeing a phenomena from the people who has been done for the processes of hijra. This research has using 6 informan. 3 person has main informan then 3 others has supporting informan. The result of this research : There are 4 motive which made someone decide to hijra. 1. Their past experiences 2. Friendship impact 3. Desire to be an influential person 4. Future urge . Futhermore the meaning of hijra for the doer is reconstruct theirself to be a better person, be carefull and make their mainset becoming better to understanding Islam. Another result of this research is seeing communication behaviour base on their interaction about speaking behaviour since before hijra and after hijra. There is no difference between both of this . But they are using better language / words after hijra. Then try to invite others to get same experiences of hijra with different approaching method. Keywords : Hijra, Motive, Meaning, Interaction, Behaviour.

Subjek

COMMUNICATION BEHAVIOUR
 

Katalog

Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA NOVIA SARI
Perorangan
Adi Bayu Mahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom, Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini