PENGEMBANGAN MODEL E-COMMERCE MELALUI REKAYASA PROSES BISNIS UNTUK PENGGUNAAN MODUL VOUCHER PADA WEBSITE RUBYLICIOUS

MUTIARA YULIA

Informasi Dasar

18.04.905
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Praktik e-commerce memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan maupun konsumennya. Fenomena perubahan perilaku belanja masyarakat didukung dengan pemanfaatan internet dan teknologi digital yang dapat memudahkan transaksi pembelanjaan online. Pada penjualan produk Rubylicious mengalami petumbuhan positif, namun kontribusi dari media pemasaran online e-commerce website Rubylicious masih rendah. Transaksi penjualan pada website Rubylicious lebih rendah dibandingkan dengan penjualan online melalui instagram pada bulan April hingga September tahun 2017. Terkait dengan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk membahas faktor yang mempengaruhi pembelian online konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat konsumen terhadap penggunaan website saat melakukan transaksi di Rubylicious; berdasarkan hasil identifikasi maka dirancang model proses bisnis yang sedang terjadi dan rancangan strategi pengembangan bisnis baru; serta dibuat prototype penanganan transaksi via webiste. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap narasumber yaitu Pemilik Rubylicious dan melibatkan 10 konsumen Rubylicious. Penelitian ini berfokus pada analisa terkait dengan minat konsumen saat melakukan transaksi pada Rubylicious. Indikator analisa mengenai consumer’s attitudes dengan dimensi penelitian (1) Perilaku Online Konsumen, (2) Digital Marketing, dan (3) Keputusan Pembelian Via Website. Pada dimensi ini dapat menganalisa keterkaitan antara perilaku konsumen dan pemasaran digital dalam proses pengambilan keputusan dalam belanja online. Analisa yang dilakukan terhadap kegiatan pembelian secara online yang sedang terjadi pada Rubylicious dengan menggunakan flowmap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasumber puas dengan produk yang dijual, harga, kualitas dan pelayanan Rubylicious. Diketahui terdapat 5 narasumber tertarik untuk melakukan pembelian berulang pada Rubylicious. namun terdapat empat narasumber merasa ragu / belum yakin untuk melakukan pembelian berulang, perlu faktor pendukung yang dapat memicu pembelian berulang. 8 narasumber memiliki ketertarikan dengan adanya promo yang diberikan untuk berbelanja melalui situs resmi Rubylicious. Promo yang diberikan berupa kupon voucher untuk melakukan pembelanjaan via website Rubylicious. Berdasarkan hasil penelitian maka dibuat rancangan rekomendasi pengembangan bisnis baru menggunakan data flow diagram (DFD) yang dilengkapi dengan rancangan pembuatan prototype menggunakan alat bantu sistem opensource e-commerce.

Kata Kunci: E-Commerce, Consumer’s Attitudes, Flowmap, Data Flow Diagram

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN MODEL E-COMMERCE MELALUI REKAYASA PROSES BISNIS UNTUK PENGGUNAAN MODUL VOUCHER PADA WEBSITE RUBYLICIOUS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA YULIA
Perorangan
Yudi Priyadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini