PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2011-2016)

ASTRY FAZILA NISA

Informasi Dasar

18.04.944
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembangunan ekonomi di setiap daerah memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat di daerah dengan tolak ukur keberhasilan pembangunan dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi, yakni perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat menjadi meningkat. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah, maka semakin tinggi pula kemampuan masyarakat untuk membayar kewajibannya kepada pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2011-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Realisasi Anggaran APBD seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat pada tahun 2011-2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 26 Kabupaten/Kota yang disertakan dengan kurun waktu 6 tahun sehingga diperoleh 156 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan metode Random Effect Model (REM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dana perimbangan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara parsial Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan dana perimbangan berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi

Subjek

INCOME MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Periode 2011-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTRY FAZILA NISA
Perorangan
SRI RAHAYU, VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini