REGRESI PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2016)

KURNIAWATI

Informasi Dasar

18.04.962
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan investor melakukan investasi dalam bentuk saham, yaitu untuk mendapatkan return. Keuntungan (return) yang didapat dalam melakukan investasi, yaitu dividen dan capital gain. Untuk mendapatkan return yang sesuai dengan keinginan investor, maka seorang investor perlu memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi return saham. Faktor yang mempengaruhi return saham, seperti pertumbuhan PDB, inflasi, tingkat suku bunga, IHSG, indeks sektoral, rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas. Banyaknya variabel yang diteliti menjadi masalah utama yang menyebabkan variabel tidak dapat terkendali satu per-satu pengaruhnya terhadap return saham, sehingga variabel bebas tersebut perlu disederhanakan dalam bentuk faktor. Salah satu cara penyederhanaan variabel yang ada dalam bentuk faktor dapat menggunakan metode Principal Component Analysis berdasarkan eigenvalue. Berdasarkan hasil penelitian, diantara 9 variabel bebas yang diteliti pada setiap perusahaan terbentuk 3 faktor utama berdasarkan eigenvalue lebih besar dari satu. Ketiga faktor utama yang mempengaruhi return saham PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk., PT. Indosat, Tbk., dan PT. XL Axiata, Tbk. masing-masing memiliki koefisien determinasi sebesar 28,72%, 18,87%, dan 24,50%. Faktor yang berpengaruh positif signifikan terhadap return saham setiap perusahaan adalah faktor pertama. Faktor yang berpengaruh terhadap return saham PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah tingkat suku bunga, inflasi, dan Debt to Equity Ratio . Faktor yang berpengaruh terhadap return saham PT. Indosat, Tbk adalah inflasi dan Current Ratio. Faktor yang berpengaruh terhadap return saham PT. XL Axiata, Tbk adalah inflasi. Faktor yang berpengaruh terhadap return saham pada ketiga perusahaan sub-sektor telekomunikasi adalah inflasi.

Kata Kunci: Return Saham, Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Regresi Principal Component Analysis.

Subjek

INVESTMENT
 

Katalog

REGRESI PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KURNIAWATI
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini