Peran Kemampuan Keuangan Sebagai Mediator Pendidikan Keuangan dan Kepuasan Keuangan (Studi Kasus pada Usia Produktif di Kota Bandung)

MUHAMMAD ZAKY THIFFANY

Informasi Dasar

18.04.1024
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pendidikan keuangan pada masyarakat Kota Bandung saat ini masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya kesadaran menabung, besarnya jumlah konsumsi tunai maupun kredit, adanya kasus non performing loan (NPL) atau kredit bermasalah yang terjadi pada perusahaan, dan minimnya jumlah tenaga kerja yang mengikuti program dana pensiun. Padahal pendidikan keuangan memilki manfaat yang besar sebagai kunci untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Di tengah pendidikan keuangan yang masih rendah terlebih pada usia produktif, peran kemampuan keuangan sebagai mediator pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan perlu mendapat perhatian. Melalui penelitian ini akan diteliti peran kemampuan keuangan sebagai mediator pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner pada 100 penduduk usia produktif di Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada teori Baron dan Kenny serta menggunakan uji mediasi Sobel Z test untuk menguji pengaruh mediasi kemampuan keuangan dalam hubungan antara pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan. Temuan dalam penelitian ini adalah pendidikan keuangan memilki efek signifikan terhadap kemampuan keuangan, kemampuan keuangan memilki efek signifikan terhadap kepuasan keuangan, dan kemampuan keuangan terbukti secara parsial memediasi hubungan antara pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan.

Kata Kunci: Kemampuan Keuangan, Pendidikan Keuangan, Kepuasan
Keuangan, dan Usia Produktif.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

Peran Kemampuan Keuangan Sebagai Mediator Pendidikan Keuangan dan Kepuasan Keuangan (Studi Kasus pada Usia Produktif di Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ZAKY THIFFANY
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini