Penelitian mengenai pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan telah banyak dilakukan, namun menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Penelitian Rosiana et al (2013) menemukan hasil CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan penelitian Agustine (2014) menemukan hasil sebaliknya. Hal ini menunjukkan ada faktor lain yang mempengaruhi hubungan CSR terhadap nilai perusahaan. Oleh karena itu peneliti menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating.
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh CSR yang diproksikan dengan CSRD (Corporate Social Responsibility Disclosure) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan PBV (Price to Book Value) dengan profitabilitas yang diproksikan dengan ROE (Return on Equity) sebagai variabel moderating pada perusahaan sub sektor pakan ternak yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini meneliti 4 perusahaan yang telah dipilih berdasarkan kriteria dalam metode purposive sampling dari keseluruhan total 4 perusahaan.
Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperolah dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Corporate Social Responsibility dengan variabel moderating profitabilitas secara bersama-sama mempengaruhi nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan