ABSTRAK
Saat ini tren kue artis di setiap kota besar banyak bermunculan, kemunculan tersebut juga diikuti dengan penggunaan artis sebagai brand ambassador dari produk tersebut. Salah satunya adalah kemunculan Bandung Makuta Cake di Kota Bandung. Bandung Makuta Cake memiliki seorang brand ambassador Laudya Cynthia Bella yang juga dikenal sebagai seorang artis. Penggunaan seorang brand ambassador pada suatu produk sangat penting dan banyak merek yang menggunakan selebriti maupun sosok yang berpengaruh sebagai brand ambassador mereka. Sebagai upaya membangun citra merek yang dilakukan oleh Bandung Makuta melalui penggunaan brand ambassador tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana peran seorang brand ambassador pada brand kue artis dapat membangun citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dimana data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata tersebut kemudian disusun, misalnya hasil wawancara antara peneliti dan informan disusun dalam sebuah kalimat. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan dari 5 indikator brand ambassador tersebut, penggunaan brand ambassador dalam indikator transference dan congruence memiliki peran yang paling baik. Pada faktor pembentuk citra merek, kekuatan dan keuntungan asosiasi merek dari penggunaan brand ambassador telah dapat dicapai. Dari penelitian dalam penggunaan brand ambassador pada Bandung Makuta Cake tersebut dapat disimpulkan penggunaan brand ambassador dapat membangun citra merek Bandung Makuta Cake.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Selebriti, Citra merek