ABSTRAK
Penelitian kualitatif ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena dimana pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia, sekitar 88,1 juta pengguna internet pada awal tahun 2014, jumlah pengguna internet di tanah air telah naik sebesar 51 persen ke angka 132,7 juta pengguna pada awal 2017 Objek penelitian ini adalah PT. Telkom Indonesia Kandatel Cijaura Bandung. Dalam hal ini personal selling dilihat sebagai salah satu cara untuk mencapai hasil tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan perusahaan dalam memilih strategi personal selling , dan untuk mengetahui pelaksanaan personal selling serta untuk mengetahui tanggapan pihak internal atas pelaksanaan personal selling yang diterapkan di PT. Telkom Indonesia Kandatel Cijaura Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak internal perusahaan yaitu Sales Supervisor, Kepala Sales, dan avangers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Telkom Indonesia Kandatel Cijaura Bandung telah menggunakan dan mengaplikasikan strategi personal selling yaitu prospecting and qualifying, pre-approach, approach, presentation and demonstration, handling objections, closing and follow-up
Kata kunci: Marketing, Bauran promosi, personal selling