Penelitian ini membahas tentang analisis multimodal iklan brosur klinik kecantikan di Kota Bandung. Penelitian dilakukan terhadap empat klinik kecantikan diantaranya: Natasha Skin Care, Erha Clinic, MD Clinic by Lazeta, dan LBC. Analisis multimodal dalam makalah ini menggunakan teori linguistik sistemik fungsional (LSF). Model analisis multimodal yang dikembangkan dari gabungan teori multimodal (Anstey & Bull, 2010), dan analisis multimodal oleh Kress Van Leeuwen (1996-2006). Analisis dalam makalah ini menggunakan pendekatan semiotik yang difokuskan kepada multimodal sistem yang meliputi aspek linguistik dan visual. Secara lebih khusus, analisis linguistik dan visual dilakukan dengan menggunakan model analisis struktur generic iklan Cheong (2004). Penelitian ini juga berkaitan dengan metafungsi bahasa, ada metafungsi interpersonal, metafungsi ideasional, dan metafungsi tekstual. Dari analisis iklan brosur klinik kecantikan ini, dapat disimpulkan bahwa memiliki struktur generik iklan yang lengkap dan semiotik multimodal yang meliputi unsur linguistik dan visual.
Kata Kunci: multimodal, semiotika, dan iklan