Strategi Tata Kelola Komunikasi Krisis Humas Pemerintahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat Dalam Menghadapi Krisis (Governance Crisis Communication Strategy of Public Relations on the District of Kuningan in Dealing with Crisis)

FITRI PERMATA SARI

Informasi Dasar

18.04.1180
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Krisis merupakan suatu hal yang dapat secara tiba tiba datang tanpa disadari. Krisis dapat terjadi pada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja tanpa pandang bulu. Salah satu cara untuk memperkecil dampak dari krisis yaitu melakukan pencegahan krisis (Pra-Krisis). Setiap Humas harus membuat suatu perencanaan dalam menangani krisis, perencanaan tersebut disebut sebagai Manajemen Krisis. Pemerintahan Kabupaten Kuningan memiliki strategi perencanaan dalam menangani krisis yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif agar dapat memberikan deskripsi gambaran mengenai Tata Kelola Komunikasi Krisis yang dilakukan oleh Humas Pemda Kabupaten Kuningan dalam menangani krisis e-KTP yang terjadi di Kuningan. Permasalahan e-KTP merupakan krisis eksternal yang terjadi di Kabupaten Kuningan. Ada tiga tahapan dalam menangani krisis tersebut yaitu dengan perencanaan pra krisis, pada saat krisis maupun pasca krisis terjadi. Kegiatan tata kelola komunikasi krisis yang dilakukan oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan telah melalui tiga tahap yaitu pra krisis dengan cara adanya planning mengenai apa yang harus dilakukan jika krisis terjadi, cepat tanggap dalam penanganan krisis dan juga bersifat transparan kepada masyarakat. Hal yang dilakukan pada saat pasca krisis yaitu dengan cara memberikan pembinaan sekaligus masukan kepada masyarakat Ahmadiyah dan ormas-ormas Islam terkait.

Kata kunci : Komunikasi Krisis, Manajemen Krisis

Subjek

COMMUNICATION STRATEGY
 

Katalog

Strategi Tata Kelola Komunikasi Krisis Humas Pemerintahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat Dalam Menghadapi Krisis (Governance Crisis Communication Strategy of Public Relations on the District of Kuningan in Dealing with Crisis)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI PERMATA SARI
Perorangan
Rah Utami Nugrahani
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini