ABSTRAK
PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa transportasi udara. PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta sedang melaksanakan pembangunan bandara baru yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA). Meskipun dalam proses rencana pembangunan bandara tersebut muncul polemik-polemik di masyarakat dan disamping itu juga menjalankan program CSR di sekitar lokasi bandara baru. PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta melakukan pendekatan-pendekatan untuk meyakinkan masyarakat dalam kegiatan program CSRnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pelaksanaan komunikasi program CSR yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Dalam penelitian ini berfokus pada strategi pelaksanaan komunikasi program CSR apa saja yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara dan dokumentasi dengan Section Head CSR, Section Head Communication, dan praktisi dalam bidang CSR.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta merencanakan program dengan matang hingga proses pelaksanaan. PT. Angkasa Pura 1 Yogyakarta melibatkan beberapa pihak untuk media komunikasi, membantu jalannya kegiatan program CSR dan bekerja sama dengan pihak divisi Humas untuk menginformasikan program CSR ke khalayak umum dengan menggunakan beberapa media. Program CSR yang dilakukan termasuk corporate philantrophy dan strategi philanthropy.
Kata kunci: strategi pelaksanaan komunikasi, CSR, PT. Angksa Pura 1 Yogyakarta.