Perkembangan internet telah memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya bagi perusahaan untuk menarik minat pembeli. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membuka bisnis website e-commerce di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas website Blibli.com dan Blanja.com menggunakan webqual 4.0 dan Importance Perfomance Analysis, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas pada website Blibli.com dan Blanja.com.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif untuk membandingkan kualitas website dari kedua perusahaan yaitu Blibli.com dan Blanja.com. Sumber data diperoleh dengan menyebar kuesioner ke 200 responden dengan populasi pengguna website Blibli.com dan Blanja.com di Kota Jakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Blibli.com dengan skor rata-rata 73,6% dan Blanja.com dengan skor rata-rata 71,1% dapat dikatakan website termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis WebQual dan IPA pada website Blibli.com terdapat gap sebesar 3,6% sedangkan Blanja.com sebesar 5,8% terhadap kinerja website dengan harapan ideal pengguna. Dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas website Blibli.com dan Blanja.com pada dimensi usability dan information quality dimana website Blibli.com lebih unggul dari ketiga dimensinya yaitu Usability, Information Quality dan Service Interaction.