PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN MARKETPLACE BUSINESS TO BUSINESS MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) (Studi Kasus : CV. Kabita Informatika)

FITRI MUTHIA SYIFA

Informasi Dasar

18.04.1254
658.503
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Kabita Informatika merupakan sebuah instansi yang memiliki produk berbasis website bernama bandros.co.id. Bandros.co.id merupakan sebuah dropship supplier terbaik berbasis di Bandung. Bandros terus melakukan inovasi untuk menjadikan Bandros layanan reseller dan dropship terbaik dengan puluhan ribu transaksi serta puluhan mitra usaha UMKM di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce maka diperlukan implementasi tata kelola yang baik. Berdasarkan hasil waawancara, diketahui bahwa praktik tata kelola teknologi informasi di CV Kabita Informatika masih dianggap tidak sesuai dengan budaya perusahaan saat ini. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya kebijakan dan prosedur terkait tata kelola TI di perusahaan. Maka dari itu, diperlukan perancangan tata kelola teknologi informasi di CV Kabita Informatika agar praktik tata kelola teknologi informasi diperusahaan dapat diimplementasikan. Perancangan tata kelola teknologi informasi di CV Kabita Informatika dilalukan menggunakan framework COBIT 5 yang mengacu kepada seven enabler yang dimilikinya. Dalam penelitian ini, standar yang digunakan adalah COBIT 5 dengan domain Build, Acquire and Implement (BAI) . Standar COBIT (Control Objectives for Information and related Technology) dipilih karena kerangka kerja COBIT memberikan gambaran paling detil mengenai strategi dan kontrol dalam pengaturan proses sistem informasi yang mendukung keselarasan strategi bisnis dan tujuan TI. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi seven enabler yang dimiliki oleh perusahaan dengan kondisi seven enabler yang ideal pada COBIT 5. Hasil pada penelitian ini berupa rekomendasi perancangan dokumen, diharapkan perancangan tata kelola infomrasi pada domain BAI dapat diterapkan pada CV Kabita Informatika dalam mengimplementasikan tata kelola teknologi informasi. Kata Kunci : COBIT 5, tata kelola teknologi informasi, seven enabler

Subjek

PRODUCT PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN MARKETPLACE BUSINESS TO BUSINESS MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) (Studi Kasus : CV. Kabita Informatika)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI MUTHIA SYIFA
Perorangan
Avon Budiono, Iqbal Santosa
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4O3 - AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISG4N3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini