Usaha Kecil Menengah Ikhlas Quail Farm (IQF) terletak di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat merupakan usaha baru dalam bidang budidaya puyuh. Produk yang dihasilkan adalah telur puyuh untuk konsumsi dan bibit puyuh dengan kualitas yang baik sesuai dengan standar Asosiasi Peternak Puyuh Indonesia (APPI). Ikhlas Quail Farm yang baru berdiri selama satu tahun memiliki berbagai kendala yaitu produksi, pemasaran dan menghadapi pesaing yang masuk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan formulasi dan pemilihan strategi yang paling tepat untuk diterapkan pada Ikhlas Quail Farm, proses formulasi strategi dilakukan dengan melakukan evaluasi kondisi eksternal dan internal yang dimiliki Ikhlas Quail Farm. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta studi literatur. Formulasi strategi yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama yaitu evaluasi ekternal dan internal dengan menggunakan matriks EFE dan IFE menentukan bobot faktor, tahap kedua menggunakan I-E Matrix, dan tahap terakhir menggunakan matrik QSPM. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan letak kordinat Ikhlas Quail Farm berada pada sel ke I dengan kordinat (3,12; 3,29). Strategi yang tepat untuk diterapkan Ikhlas Quail Farm adalah Growt and Build. Hasil analisis matrik QSPM menunjukkan strategi dengan prioritas tertinggi untuk Ikhlas Quail Farm adalah melakukan promosi pemasaran melalui kegiatan penyuluhan di posyandu dengan melibatkan tenaga ahli kesehatan dalam menjelaskan kandungan
gizi puyuh (TAS = 16,111).
Kata Kunci : UKM (usaha kecil menengah), matriks I-E, SWOT, QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix).