PERANCANGAN TATA KELOLA MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI SMK N 4 BANDUNG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) & BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI)

RIO SAVERO ARANOV

Informasi Dasar

18.04.1369
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMK Negeri 4 Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan yang telah menerapkan pendidikan berbasis teknologi informasi sebagai sarana dan prasarana untuk memberikan layanan kepada siswa. Pada bidang akademik sendiri, SMK Negeri 4 Bandung sendiri telah didukung oleh teknologi informasi seperti Aplikasi online, web based, pendaftaran siswa/i baru. Namun pengelolaan Teknologi Informasi di SMK Negeri 4 Bandung belum maksimal karena dibutuhkan peningkatan lebih baik lagi. Untuk itu, dalam melakukan pengelolaan TI, SMK Negeri 4 Bandung membutuhkan sebuah model pengelolaan yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan proses akademik. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada proses EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintanance, BAI01 Manage Programmes and Projects, BAI02 Manage Requirement Definitions, dan BAI06 Manage Changes. Penelitian dimulai dengan melakukan studi lapangan terkait tata kelola teknologi informasi di SMK Negeri 4 Bandung kemudian dilanjutkan dengan penilaian dan analisis tingkat kapabilitas saat ini berdasarkan COBIT 5. Hasil dari penilitian berupa rekomendasi perancangan model tata kelola TI serta perancangan dokumen tata kelola TI terhadap proses yang telah dipilih . Hasil dari penelitan dan perancangan tata kelola TI diharapkan dapat diterapkan dengan baik pada SMK N 4 Bandung.

Kata kunci: IT Governance, Teknologi Informasi, COBIT

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI SMK N 4 BANDUNG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) & BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIO SAVERO ARANOV
Perorangan
DEDEN WITARSYAH, LUKMAN ABDURRAHMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini