ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN PADA STORE GUTENINC MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO

HARDIYANTO KUSUPRIADI

Informasi Dasar

95 kali
18.04.1440
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Guteninc merupakan salah satu brand lokal di Indonesia yang bergerak di bidang fashion, khususnya pada produk sepatu berbahan dasar kulit untuk pria dan wanita. Setelah membuka store di Makassar pada tahun 2011, Guteninc memperluas wilayah penjualan dengan kembali membuka store di wilayah Bandung. Ketatnya persaingan membuat Guteninc perlu melakukan evaluasi terhadap pelayanan guna memaksimalkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi “True Customer Needs” dari layanan store yang berada di wilayah Bandung dengan menggunakan integrasi antara dimensi Servqual dan model Kano, sehingga dapat diketahui ranking prioritas atribut kebutuhan layanan yang dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan. Atribut kebutuhan didapatkan dari Voice of Customer (VoC) yang merupakan hasil wawancara terhadap konsumen store Guteninc. Tingkat kepuasan pelanggan dan rekomendasi perbaikan layanan dapat diketahui dari hasil pengolahan data dengan input yang didapat dari respons kuesioner hasil identifikasi atribut kebutuhan. Berdasarkan hasil identifikasi, diperoleh 20 atribut kebutuhan terhadap layanan store Guteninc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 atribut kebutuhan yang sudah memenuhi harapan konsumen dan 15 atribut kebutuhan yang masih belum memenuhi harapan. Setelah dilakukan pengintegrasian antara dimensi Servqual dan model Kano, ditunjukkan bahwa terdapat delapan atribut perlu diprioritaskan, tujuh atribut perlu ditingkatkan, empat atribut dipertahankan, dan satu atribut diabaikan. Berdasarkan hasil pengintegrasian, didapatkan 15 atribut kebutuhan yang termasuk ke dalam True Customer Needs, yang diperoleh dari atribut kebutuhan yang perlu diprioritaskan dan ditingkatkan. Dengan hasil tersebut, diharapkan Guteninc dapat meningkatkan layanan store untuk memaksimalkan kepuasan konsumen.

Kata kunci: Atribut Kebutuhan,Guteninc, Layanan Store, Model Kano, Servqual

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN PADA STORE GUTENINC MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVICE QUALITY DAN MODEL KANO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARDIYANTO KUSUPRIADI
Perorangan
YATI ROHAYATI, ULLY YUNITA NAFIZAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4S3 - RISET PEMASARAN
  • IE4424 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini