ABSTRAK
SMP Terbuka Gading Regency merupakan sekolah gratis yang didirikan oleh komunitas Matahari Kecil untuk meringankan beban siswa kurang mampu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui simbol serta negosiasi makna dalam interaksi sehingga membentuk konsep diri pengajar dan siswa terkait pentingnya pendidikan. Teori yang mendasari penelitian ini adalah interaksi simbolik menurut George Herbert Mead terkait mind, self, dan society.
Dari penelitian ini, didapatkan hasil yang menunjukan bahwa interaksi pengajar dan siswa dibangun melalui hubungan interpersonal secara formal dan informal. Terdapat pertukaran simbol secara verbal maupun non verbal dalam membentuk makna yang sama pada interaksi yang dilakukan; Makna yang terbentuk dalam proses interaksi akan mempengaruhi konsep diri pengajar maupun siswa. Terdapat perubahan konsep diri pada siswa maupun pengajar dari interaksi yang dibangun. Siswa merubah rasa rendah diri pada dirinya akan background keluarga dengan menanamkan konsep diri akan pentingnya pendidikan untuk dapat menggapai cita-cita dan mengangkat derajat orangtua mereka. Pengajar pun merubah konsep diri terkait pentingnya pendidikan dengan merasa bersyukur akan pendidikan dan kehidupannya yang lebih beruntung dari siswa. Pengajar memaknai pentingnya pendidikan dengan mengajar sebagai volunteer agar siswa mendapatkan pendidikan yang lebih layak. Konsep diri yang terbentuk tidak terlepas dari peran mind, self dan society pada diri pengajar dan siswa.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Interaksi Simbolik, Makna dan Konsep Diri