Bank BJB sebagai Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat yang ditunjuk sebagai Bank Persepsi Tax Amnesty, menciptakan layanan T-Samsat sebagai solusi untuk memudahkan wajib pajak dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana persepsi nasabah terhadap ekuitas merek yang dimiliki oleh Bank BJB melalui layanan T-Samsat Bank BJB Cabang Utama Bandung.
Ekuitas merek adalah Seperangkat aset dan kewajiban terkait dengan merek yang menambah atau mengurangi dari produk atau layanan ke perusahaan dan / atau pelanggannya Aaker (1991) dalam Sudomo (2013). Dimensi ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek/asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek Yoo, Donthu dan Lee (2000) dalam Tjiptono (2014). Teknik analisa yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, top bottom two boxes dan crosstab dengan chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, persepsi nasabah terhadap ekuitas merek yang didapatkan nasabah pada layanan T-Samsat Bank BJB Cabang Utama Bandung pada tahun 2018 ini sudah dapat dikatakan cukup baik. Selain itu, persepsi nasabah yang dilihat dari dimensi ini, menunjukkan nilai mean tertinggi pada dimensi persepsi kualitas. Dimensi kesadaran merek/asosiasi merek dan loyalitas merek asih memiliki nilai bottom pada. Dan responden dengan jenis kelamin dan usia yang sama memberikan jawaban yang berbeda dan tidak memiliki hubungan.