ABSTRAK
PT Kereta Api Indonesia (Persero) dituntut tetap terus menjaga citra nya agar para penumpang tetap menggunakan jasa mereka. Seperti lahirnya aplikasi New KAI Access pada tanggal 28 September 2017. Aplikasi New KAI Access merupakan aplikasi baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sedang gencar-gencarnya melakukan promosi. Promosi dilakukan menggunakan media iklan, baik media lini atas (above the line) dan juga media lini bawah (below the line).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Media Iklan (above the line dan below the line) terhadap Keputusan Pembelian untuk objek konsumen pembeli tiket kereta melalui aplikasi New KAI Access di Daop 2 Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan Bernoulli.
Hasil penelitian mengungkapkan besarnya nilai Media Iklan sebesar 75,65% dalam kategori tinggi, sedangkan nilai keputusan pembelian sebesar 75,65% dalam kategori tinggi. Pengaruh Media Iklan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 36,3% sedangkan sisanya yaitu 63,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model yang diajukan dalam peneltian ini. Pada penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi linier yaitu Y=13,786+0,603X. Yang artinya jika Media Iklan meningkat sebesar 1, maka Keputusan Pembelian sebesar 14,389.
Kata kunci: Media Iklan, Above the line, Below the line, Keputusan Pembelian