Prediksi Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bandung Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)

MUHAMMAD MUFLI MUZAKKI

Informasi Dasar

18.04.1533
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan yang ada di Negara beriklim tropis, diantaranya adalah Indonesia. Khususnya untuk di Kabupaten Bandung penderita DBD mengalami fluktuasi pada tiga tahun terakhir. Melalui data oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung tercatat dari tahun 2014 sampai tahun 2016, tahun 2014 tercatat sebanyak 524 kasus, tahun 2015 sebanyak 1.017 kasus selanjutnya tahun 2016 sebanyak 3476 kasus. Banyak faktor yang menyebabkan penderita DBD Kabupaten Bandung ini terus meningkat beberapa contohnya adalah tingginya curah hujan dan juga pola hidup bersih dan sehat ditengah masyarakat yang masih rendah. Pada jurnal ini dilakukan penilitan tentang prediksi penyakit DBD di Kabupaten Bandung menggunakan metode klasifikasi dengan algoritma Support Vector Machine (SVM). Dengan data historial penyakit DBD dan data cuaca dari BMKG(Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika) kabupaten Bandung mulai dari 2009 sampai 2016 . Menggunakan kernel dot dan radial pada algoritma SVM. Pada kernel radial didapat akurasi testing sampai 93% sedangkan pada kernel dot rata-rata akurasi testing 62%.

Kata Kunci: Klasifikasi, DBD, SVM, Prediksi, Kernel

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Prediksi Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bandung Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD MUFLI MUZAKKI
Perorangan
Fhira Nhita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CNH4S3 - ANALISIS TIME SERIES
  • CNH4E3 - DATA MINING
  • IKG4G3 - MACHINE LEARNING
  • CNH4F3 - SOFT COMPUTING
  • CCH4B4 - TUGAS AKHIR
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini