Dengan berkembangnya waktu, pembelajaran di SD di tuntut untuk lebih konkret sehingga
membutuhkan media pembelajaran yang tidak hanya mengandalkan data dari buku saja
melainkan dapat di dukung juga dengan media visual agar anak-anak lebih tertarik dalam
pembelajaran.
Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat membawa perubahan pada kehidupan
manusia. Salah satu perkembangannya yaitu teknologi Augmented Reality. Teknologi
Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi
atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata dan memproyeksikan benda-benda
maya tersebut dalam waktu nyata. Oleh karena itu untuk membantu siswa dalam belajar,
kami berinisiatif untuk membuat media pembelajaran mengenai simbiosis berbasis
Augmented Reality bernama Sim-ART.
Pengujian aplikasi Sim-ART telah dilakukan pada anak sekolah dasar kelas IV di SD Negeri 02
Sukapura Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung kepada 15 responden dengan data yang diujikan
yaitu 13 pernyataan mengenai fitur aplikasi dan 5 pertanyaan. Dan dari 13 pernyataan yang
diujikan mendapatkan rata – rata 1,34 dengan menggunakan tiga skala perhitungan. Dapat
disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Sim-ART tergolong mudah dan dapat
mempermudah dalam pembelajaran mengenai simbiosis dengan memberikan informasi
yang jelas dan mudah dimengerti oleh anak-anak.
Kata kunci : Augmented Reality, marker, scan, simbiosis.