Entrepreneur telah diakui sebagai salah satu faktor penting pendorong perekonomian suatu negara. Di era teknologi ini dibutuhkan seorang entrepreneur yang memiliki keahlian dalam memaksimalkan penggunaan teknologi yang disebut sebagai seorang technopreneur. Data menunjukkan bahwa jumlah technopreneur di Indonesia masih rendah. Perlu adanya pengembangan keahlian technopreneur sejak di bangku Perguruan Tinggi, yang dimana hal ini dapat di lakukan dengan pengembangan Proses Pembelajaran untuk mengembangkan Personal Entrepreneurial Competencies (PECs) seorang technopreneur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Proses Pembelajaran yang telah diberikan kepada mahasiswa Program Studi Sarjana Sistem Informasi Universitas Telkom peminatan Technopreneurship. Penelitian ini menggunakan mix-methods¸ metode kualitatif akan menjadi fokus utama untuk dapat mengidentifikasi proses pembelajaran yang dilakukan terhadap pembentukan kompetensi mahasiswa dan metode kuantitatif akan dilakukan sebagai justifikasi terhadap tingkatan PECs yang dimiliki oleh mahasiswa.
Hasil penelitian ini mendapati bahwa Proses Pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup baik tetapi masih kurang optimal. Masih terdapat ruang untuk pengembangan dalam berbagai aspek Proses Pembelajaran baik dari segi Kurikulum, Metode Pengajaran maupun Capaian Pembelajaran. Hal ini terbukti dari level PECs yang dimiliki oleh mahasiswa secara keseluruhan masih dalam level sedang. Kompetensi yang berada pada peringkat 3 teratas secara berurutan adalah Information Seeking, Commitment to Work Contract dan Concern for High Quality of Work, sedangkan kompetensi yang berada pada peringkat 3 terbawah secara berurutan adalah Assertiveness, Problem Solving dan Persistence.
Saran untuk penelitian berikutnya sebaiknya dapat dilakukan penelitian mendalam untuk mengetahui prioritas dalam pengembangan PECs dan tingkat efektifitas dari pengembangan masing-masing aspek Proses Pembelajaran.
Kata Kunci: PECs, Learning Process, Entrepreneurship, Technopreneurship, Entrepreneurship Education.