PENGARUH PROGRAM LITTLE BANDUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KINERJA UMKM KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Peserta Program Little Bandung 2015-2017)

MOHAMMAD RYNALDI FAISAL AK

Informasi Dasar

18.04.1580
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peran UMKM dalam perekonomian masih terhambat berbagai masalah yang dialami oleh para pelaku UMKM, salah satunya adalah masalah pemasaran yang dirasakan oleh 30,6 persen UMKM (Badan Pusat Statistik, 2013). Permasalahan UMKM di Indonesia, juga terjadi dengan UMKM di Kota Bandung. Menurut Kepala DISDAGIN Pemkot Bandung, para pelaku usaha di Kota Bandung sangat terpaku pada satu lokasi pemasaran dan membutuhkan peningkatkan jejaring ke negara lain sebagai solusinya. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Bandung berinisiatif untuk membuat program Little Bandung sebagai sarana promosi untuk meningkatkan akses pasar berbagai produk UMKM di Kota Bandung. Dalam pelaksanaannya Little Bandung memiliki lima program unggulan, yaitu Little Bandung Mobile, Little Bandung Wall, Little Bandung Catalogue, Little Bandung Store, dan Little Bandung Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lima program unggulan Little Bandung terhadap perkembangan kinerja UMKM Kota Bandung secara parsial dan simultan. Hal ini bertujuan untuk dijadikan dasar bagi Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan evaluasi program Little Bandung agar semakin baik dalam mengembangkan kinerja UMKM Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dalam pengumpulan data. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Little Bandung Mobile, Little Bandung Wall, Little Bandung Catalogue, Little Bandung Store, dan Little Bandung Facebook berpengaruh secara simultan terhadap kinerja UMKM di Kota Bandung namun tidak ada satupun yang berpengaruh secara parsial. Program Little Bandung tersebut mempengaruhi kinerja UMKM di Kota Bandung sebesar 41,2%, sedangkan sisanya sebesar 75,8% dipengaruhi hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian tersebut, dapat dijadikan acuan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk melanjutkan lima program unggulan Little Bandung. Pemerintahan Kota lain di Indonesia juga dapat membuat program sejenis Little Bandung dalam rangka meningkatkan kinerja UMKM pada kotanya masing-masing.

Kata Kunci: Wirausaha, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Little Bandung

Subjek

ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PROGRAM LITTLE BANDUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KINERJA UMKM KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Peserta Program Little Bandung 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD RYNALDI FAISAL AK
Perorangan
EKA YULIANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • SI591064 - ENTREPRENEURSHIP
  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini