Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pertumbuhan perusahaan berdasarkan jumlah kepemilikan saham dan usaha anak perusahaan, matriks Ansoff perusahaan, jenis strategi pertumbuhan yang diterapkan perusahaan, serta pertumbuhan aset yang meliputi 14 perusahaan yang bergerak di industri otomotif dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sumber data penelitin ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan. Annual report perusahaan yang bergerak di industri otomotif yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkann tujuan jangka panjang perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri otomotif dengan kepemilikan saham langsung mendominasi pola pertumbuhan perusahaan dan cenderung menerapkan strategi related diversification, strategi market penetration, market development, dan strategi horizontal intergration serta cenderung meperkuat bisnis utamanya yang bergerak di industri hilir yaitu bidang jasa pendistribusian produk yang dihasilkan, diikuti oleh middle yaitu manufaktur komponen otomotif, lalu sedikit pada industri hulu. Jika dilihat dari pertumbuhan aset perusahaan, secara keseluruhan perusahaan mengalami tren positif, kecuali periode 2009 mengalami penurunan yang terjadi akibat dampak krisis ekonomi global yang juga berdampak pada perekonomian Indonesia, khsusnya industri otomotif. Dalam industri otomotif, jumlah aset yang meningkat mengindikasi pertumbuhan industri tersebut baik.
Kata Kunci: strategi pertumbuhan, otomotif, visi, misi, tujuan jangka panjang, strategi korporasi