Tren baru yang muncul di dalam masyarakat Indonesia adalah jual beli secara online dengan menggunakan internet. Peluang ini dimanfaatkan oleh perusahaan JD.id untuk turut ikut serta memajukan laju ekonomi digital Indonesia. Saat ini website JD.id masuk kedalam lima website e-commerce dengan jumlah visitor tertinggi di Indonesia, dan belum ada penelitian sebelumnya yang mengukur tingkat kualitas website JD.id. Pengukuran kualitas suatu website dapat diukur menggunakan Webqual 4.0 yang berguna untuk menilai keseluruhan website ecommerce berdasarkan persepsi konsumen. Tujuan penelitian untuk melakukan pengukuran kualitas website dengan menggunakan metode webqual 4.0 berdasarkan variabel kepuasan pengguna. Studi kasus dilakukan pada website JD.id. Model Data Flow Diagram digunakan untuk membuat rancangan rekomendasi model sistem, sedangkan metode webqual 4.0 digunakan untuk mengukur kualitas website terhadap kepuasan pengguna. Data penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner yang melibatkan sampel sebesar 384 responden yang pernah melakukan transaksi pada website JD.id. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kualitas website JD.id, secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna website JD.id. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna website JD.id yaitu usability quality, information quality, dan service interaction quality, dengan variabel service interaction quality memiliki pengaruh terbesar. Oleh karena itu, rancangan model sistem dengan menggunakan Context Diagram dan Data Flow Diagram di fokuskan pada variabel service interaction quality dengan tambahan entitas baru yaitu CS Komplain beserta proses nya meliputi prosedur, keluhan diproses, solusi dan Data store Detail komplain.
Kata Kunci: Data Flow Diagram; webqual 4.0; Kepuasan Pengguna; Kualitas Website