Kompetensi kewirausahaan khususnya pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting dimiliki oleh seorang wirausaha dalam mengelola usahanya untuk dapat mencapai suatu keberhasilan dalam kegiatan usahanya, kemudian kompetensi kewirausahaan juga diperlukan untuk tetap bertahan dan berkembang ditengah – tengah persaingan yang semakin ketat karena tidak semua wirausaha memiliki kompetensi kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh para pemilik coffee shop yaitu Dreezel Coffee, Wagoon Coffee dan Kozi Lab dengan subvariabel yang meliputi: identify and evaluate business opportunity; identify and solving problems; decision making; networking; communication dan innovative thinking.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah para pemilik coffee shop yaitu Dreezel Coffee, Wagoon Coffee dan Kozi Lab. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi kewirausahaan yang ada saat ini sudah cukup baik untuk menjalankan bisnis para pemilik coffee shop dari Dreezel Coffee, Wagoon Coffee dan Kozi Lab yang berada pada level yang sama, yaitu pada level sedang. Level sedang mengindikasikan adanya ruang untuk pengembangan kompetensi kewirausahaan, agar mampu menghasilkan tingkat kompetensi kewirausahaan pada level yang tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan pada Dreezel Coffee, Wagoon Coffee dan Kozi Lab sebaiknya para pemilik coffee shop tersebut dapat lebih meningkatkan kemampuan untuk mengambil peluang bisnis yang ada, meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, mengambil keputusan, menjalin relasi, komunikasi dan berinovasi.
Kata kunci: Kompetensi Kewirausahaan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah