Blibli.com merupakan situs e-commerce berkonsep online shopping mall yang didirikan sejak tanggal 25 Juli 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN). Melihat fenomena yang terjadi saat ini adalah Blibli.com memiliki lima juta pengunduh dengan rating 4.1 tetapi hanya memiliki 127.199 pengguna. Penelitian ini menggunakan model UTAUT dan menggunakan variabel Performance Expectancy, Trust, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating conditionss, Behavioral Intention, dan Use.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Trust, dan Social Influence terhadap Behavioral Intention. Selain itu untuk mengetahui pengaruh Performance Expectancy dan Effort Expectancy terhadap Trust pengguna aplikasi mobile Blibli.com. dan untuk mengetahui pengaruh Facilitating Conditions dan Behavioral Intention terhadap Use pada pengguna aplikasi Blibli.com.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan pada pengguna aplikasi Blibli.com di seluruh Indonesia dengan 300 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan tipe purposive sampling dan menggunakan model persamaan struktural (SEM) serta menggunakan skala likert dengan 21 butir pertanyaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Performance Expectancy signifikan terhadap Trust, Social Influence signifikan terhadap Behavioral Intention, dan Behavioral Intention signifikan terhadap Use. Adapun variabel yang tidak berpengaruh yaitu Effort Expectancy terhadap Trust, Effort Expectancy dan Trust terhadap Behavioral Intention, dan Facilitating Conditions terhadap Use.
Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi PT Global Digital Niaga (GDN) dalam rangka pencapaian peningkatan minat pengguna aplikasi Blibli.com.
Kata kunci: UTAUT, SEM, Performance Expectancy, Social Influennce, Behavioral Intention, Use