PERILAKU KOMUNIKASI KOMUNITAS KOREA DALAM PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL (STUDI FENOMENOLOGI PADA ANGGOTA KOMUNITAS KOREA HANSAMO BANDUNG)

WIGO MARDANA PINKY MAYO

Informasi Dasar

18.04.1653
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Korean Wave atau yang dikenal dengan Hallyu menimbulkan berbagai komunitas-komunitas pecinta Korea di Indonesia, salah satunya yaitu Kota Bandung. Hansamo adalah komunitas Korea yang telah diakui oleh Pemerintah Korea. Komunitas Hansamo melakukan pertukaran informasi tentang hal-hal mengenai Korea. Dengan adanya persamaan mengenai kecintaan pada Korea, menimbulkan hubungan social. Dalam membentuk hubungan positif tidak terlepas dari upaya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif anggota, hubungan yang terjalin di dalamnya untuk membentuk modal sosial, penggunaan komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembentukan modal sosial, dan proses pembentukan modal sosial Komunitas Korea Hansamo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini, pengumpulan data meliputi sumber primer yaitu wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta sumber sekunder sepert buku, skripsi, jurnal maupun media online. Teori yang digunakan yaitu perilaku komunikasi dan modal sosial. Hasil dari penelitian ini meliputi terbentuknya motif yang berasal dari because motive dan In Order to Motive, adanya hubungan dalam modal sosial yaitu strong ties, weak ties, dan latent ties yang terdapat pada perilaku komunikasi verbal sedangkan nonverbal yaitu kinesik (gerak tubuh) dan paralinguistik (suara) serta pembentukan modal sosial yang terjadi pada bonding social capital dan bridging social capital.

Subjek

COMMUNICATION BEHAVIOUR
 

Katalog

PERILAKU KOMUNIKASI KOMUNITAS KOREA DALAM PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL (STUDI FENOMENOLOGI PADA ANGGOTA KOMUNITAS KOREA HANSAMO BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIGO MARDANA PINKY MAYO
Perorangan
Mohamad Syahriar Sugandi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini