Fashion menjadi salah satu topik yang paling diminati. Dengan meningkatnya globalisasi perekonomian dunia, tentu saja menyebabkan persaingan yang tinggi antar pelaku bisnis. Untuk memasarkan produk dan jasa mereka, perusahaan harus memperhatikan cara untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Cara mempromosikan produk yang populer saat ini dengan memasang iklan dan mengunggah foto produk melalui Instagram. Pulas Katumbiri (@puka_id) adalah sebuah bisnis sosial (social entreprise) yang menghasilkan produk tas dan aksesoris yang menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan produknya. Puka mengkaryakan anak-anak SLB Al-Masduqi di Garut sebagai pekaryanya.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Instagram Pulas Katumbiri sebagai fungsi informasi, dan bagaimana penggunaan Instagram Pulas Katumbiri sebagai fungsi aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengunaan Instagram Pulas Katumbiri sebagai fungsi informasi, juga untuk mengetahui bagaimana penggunaan Instagram sebagai fungsi aktivitas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis netnografi untuk menjawab penelitian yang dilakukan. Analisis netnografi digunakan agar mendapatkan jawaban dari penelitian dengan cara melakukan observasi terhadap Instagram Pulas Katumbiri selama tiga bulan, yaitu dimulai dari bulan September 2017 hingga November 2017.
Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan oleh peneliti, didapat kesimpulan bahwa berdasarkan fungsi informasi, Puka memiliki strategi post di weekday yang telah sesuai dengan teori yang disampaikan Matt Smith, Puka banyak menggunakan komunikasi persuasi dalam setiap caption yang ia tulis, serta Puka memiliki rasa ingin diakui karena menggunakan hashtag yang sesuai dengan unggahan. Berdasarkan fungsi aktivitas juga, unggahan Puka mayoritas di weekday, oleh karena itu, Puka mendapatkan likes yang banyak. Puka juga memiliki hubungan yang baik dengan konsumennya karena Puka selalu menjawab pertanyaan dari konsumen. Begitu pula dengan mention, banyak orang yang me-mention orang lain untuk melihat unggahan Puka.
Kata Kunci: Netnografi, Social Entreprise, Pulas Katumbiri