Pada pengguna marketpace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta diindikasi terdapat minat beli konsumen yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya consumer online rating and review yang di sediakan oleh Tokopedia dalam situsnya guna mempermudah konsumen dalam berbelanja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana consumer online rating and review pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta, bagaimana minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta, dan pengaruh consumer online rating and review terhadap minat beli konsumen marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada pengguna marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta, sebanyak 400 responden. Metode sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling. Untuk menginterprestasikan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa consumer online rating and review pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta tergolong sangat kuat dan minat beli konsumen tergolong kuat. Kemudian hasil selanjutnya menunjukkan bahwa consumer online rating and review berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta.
Pihak Tokopedia hendaknya mempertahankan dan meningkatkan serta menambah variasi tampilan consumer online rating and review guna memperkuat kegunaan consumer online rating and review dan meningkatkan minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta.
Kata Kunci : Online Review, Online Rating, Minat Beli Konsumen