Pengaruh Non Perfoming Loan (NPL), Dewan Komisaris Independen, Return on Assets (ROA) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return Saham ( Studi Empiris pada Bank Umum BUMN Periode 2012-2016)

TRYKA RIZA AYUADINDA

Informasi Dasar

18.04.1740
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank Umum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan market leader dari pangsa pasar sebesar 34,95 %. Fenomena terjadinya krisis ekonomi global pada tahun 2008 menyebabkan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia hingga tahun 2016. Terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi ini mengakibatkan terjadinya penurunan kinerja Bank Umum Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melemahnya kinerja perbankan ini mengakibatkan laju pertumbuhan kredit serta laba Bank BUMN ini mengalami penurunan. Apabila kondisi ini terus berlanjut maka Bank Umum BUMN akan terancam, dengan demikian kemungkinan Bank Umum BUMN mengalami penurunan return saham. Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel bebas terdiri dari rasio NPL, Komisaris Independen, ROA, dan CAR. Variabel terikat yaitu return saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh NPL, Komisaris Independen, ROA, dan CAR terhadap return saham Bank Umum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baik secara simultan maupun parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum BUMN tahun 2012-2016. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel dan diperoleh sampel sebanyak 4 perusahaan dengan kurun waktu lima tahun secara triwulan, sehingga didapat 80 data yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPL, Komisaris Independen, ROA, dan CAR secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Secara parsial, variabel NPL, Komisaris Independen, ROA, dan CAR tidak berpengaruh terhadap return saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila investor ingin melakukan investasi pada Bank BUMN maka investor tidak melihat dari aspek NPL, Komisaris Independen, ROA, dan CAR terhadap return saham.

Kata Kunci : Return Saham, NPL, Komisaris Independen, ROA, CAR

Subjek

STOCK
 

Katalog

Pengaruh Non Perfoming Loan (NPL), Dewan Komisaris Independen, Return on Assets (ROA) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return Saham ( Studi Empiris pada Bank Umum BUMN Periode 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRYKA RIZA AYUADINDA
Perorangan
BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini