PENGARUH SKEPTISME PROFESIONAL, ETIKA, INDEPENDENSI, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

CYNTHIA FIASTRI

Informasi Dasar

18.04.1741
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan. Namun, laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen seringkali masih diragukan keabsahannya. Oleh karena itulah, dibutuhkan jasa pihak ketiga, dalam hal ini adalah akuntan publik yang menjamin atas opini dari kewajaran laporan keuangan yang telah diaudit. Opini audit dalam penelitian ini ditentukan oleh empat hal yaitu skeptisme profesional, etika, independensi, dan pengalaman auditor. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh skeptisme profesional, etika, independensi, dan pengalaman auditor terhadap opini audit. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik convenience sampling dan menghasilkan responden sebanyak 51 auditor. Alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda (multiple regression). Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa nilai tingkat signifikansi untuk variabel skeptisme profesional sebesar 0,012, variabel etika sebesar 0,025, variabel independensi sebesar 0,034, variabel pengalaman sebesar 0,036 maka secara parsial variabel skeptisme profesional, etika, independensi dan pengalaman auditor mempengaruhi opini audit. Dan tingkat signifikansi uji F sebesar 0,000, maka secara simultan skeptisme profesional, etika, independensi, dan pengalaman auditor berpengaruh terhadap opini audit. Dengan demikian skeptisisme profesional, independensi, etika dan pengalaman auditor berpengaruh signifikan terhadap opini audit. Penelitian yang menggunakan kuisioner dengan auditor eksternal sebagai responden disarankan untuk melakukan penelitian pada waktu KAP sedang low season, hal ini untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data.

Kata kunci – Skeptisisme profesional, etika, independensi, pengalaman auditor, Opini audit

ABSTRACT

The financial statements are a very important tool for obtaining information in connection to financial position. However, the financial statements presented by management are often doubtful. Therefore, a third party service is required, in this case a public accountant who guarantees on the opinion of the fairness of the audited financial statements. Audit opinion in this study is determined by four things: professional skepticism, ethics, independence, and experience of auditors. Therefore, the purpose of this study is to examine the effect of professional skepticism, ethics, independence, and auditor experience on audit opinion. Population in this research is auditor working in Public Accounting Firm (KAP) in Bandung. The sample was taken using convenience sampling technique and resulted 51 respondents. The statistical tool used to test the hypothesis is multiple regression. Based on the result of this research, the value of significance level for professional skepticism variable is 0,012, ethical variable equal to 0,025, independence variable equal to 0,034, experience variable equal to 0,036 then partially professional skepticism variable, ethics, independence and auditor experience influence audit opinion. And the significance level of F test is 0.000, simultaneously professional skepticism, ethics, independence, and auditor experience have an effect on audit opinion. Thus professional skepticism, independence, ethics and auditor experience have a significant effect on audit opinion. Research using questionnaires with external auditors as respondents is suggested to conduct research at KAP low season, this is to facilitate researchers in collecting data.

Keywords - Professional skepticism, ethics, independence, auditor experience, Audit opinion

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH SKEPTISME PROFESIONAL, ETIKA, INDEPENDENSI, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP OPINI AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CYNTHIA FIASTRI
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini