PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013 – 2016)

ALDI NUR AFWUAM

Informasi Dasar

18.04.1742
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungan dengan penjualan, aktiva maupun laba dan modal sendiri. Profitabilitas menunjukan kemampuan perusahaan untuk mengasilkan laba, baik dari penjualan maupun dari total asset yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara corporate social responsibility, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 sampel dalam kurun waktu 4 tahun sehingga didapat 52 total sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 8. Berdasarkan hasil penelitian, variabel corporate social responsibility, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, dimana variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan dapat mempengaruhi perataan laba sebesar 82.1% dan sisanya 17.9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Secara parsial, variabel leverage yang diproksikan dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perusahaan serta ukuran perusahaan yang diproksikan dengan menggunakan logaritma natural total aset berpengaruh negative terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan variabel corporate social responsibility yang diproksikan dengan menggunakan GRI 4 tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh negatif antara leverage dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan, maka investor diharapkan agar lebih berhati hati dalam mengambil keputusan investasi pada suatu perusahaan, dengan memanfaatkan informasi informasi yang diungkapkan pada laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan secara tepat untuk pengambilan keputusan investasi.

Subjek

SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013 – 2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDI NUR AFWUAM
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini