Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( Studi Empiris PadaPerusahaan Indeks LQ 45 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahnu 2014-2016)

ASLIKA APRIYANTI

Informasi Dasar

90 kali
18.04.1749
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan sales growth terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Obyek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan Indeks LQ 45 Non-Keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 13 perusahaan dari Indeks LQ 45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9.0, diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan variabel independen yang terdiri dari ukuran perusahaan, profitabilitas dan sales growth memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil Ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan kearah negatif, profitabilitas memiliki pengaruh positif, sedangkan sales growth tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Berdasarkan hasil penelitian bagi investor disarankan memilih perusahaan dengan pengungkapan tanggung jawab sosial yang baik sebagai salah satu dasar untuk membantu dalam pengambilan keputusan investasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai aturan GRI. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Sales Growth, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Subjek

SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Sales Growth Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( Studi Empiris PadaPerusahaan Indeks LQ 45 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahnu 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASLIKA APRIYANTI
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini