PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016)

GISKA HASINA

Informasi Dasar

18.04.1755
658.155
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Enterprise Risk management atau manajemen risiko perusahaan merupakan suatu strategi yang digunakan untuk tetap bertahan dalam lingkungan usaha yang kompetitif. Kesadaran yang tinggi terhadap manajemen risiko sebagian besar sebagai akibat dari beberapa bencana yang dihadapi perusahaan dan kegagalan bisnis yang tidak diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran dewan komisaris, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan enterprise risk management pada Bank Umum yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposie sampling dan diperoleh 29 Bank Umum dengan periode penelitian pada tahun 2012-2016 sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 145 sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran dewan komisaris, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Sedangkan secara parsial, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Sedangkan ukuran dewan komisaris dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan enterprise risk management. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila perbankan akan meningkatkan pengungkapan enterprise risk management, maka perlu meningkatkan ukuran perusahaan.

Kata kunci : Ukuran Dewan Komisaris, Leverage, Ukuran Perusahaan, Enterprise Risk Management.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GISKA HASINA
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR, EDDY BUDIONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3G3 - MANAJEMEN RISIKO
  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini