PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 Non-Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

DEA MAULIDA HADILA

Informasi Dasar

18.04.1818
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen adalah suatu pengambilan keputusan oleh emiten mengenai besarnya dividen tunai yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Kebijakan dividen dalam penelitian ini akan dijelaskan dengan persentase dividen yang dibayarkan yaitu dividend payout ratio (DPR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas dan leverage terhadap dividend payout ratio. Penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif kausalitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2016. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Secara parsial likuiditas dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel penelitian lain yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap dividend payout ratio, dan juga mencoba objek penelitian yang berbeda seperti perusahaan pada perusahaan sektor Jasa dan sektor Manufaktur, ataupun jenis Indeks lainnya seperti Kompas100 agar dapat memberikan gambaran penelitian yang lebih banyak terhadap berbagai sektor.

Kata kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Dividend payout ratio

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 Non-Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEA MAULIDA HADILA
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini