Aktifitas Akademik dan Non Akademik pada Pascasarjana Universitas Muhammadiyah memiliki peran khusus terhadap aktifitas didalamnya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Sekolah pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ditemui kendala atau kekurangan maka dilakukan pengajuan Perancangan Ulang Interior Pasacasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk mendukung sarana prasarana yang dapat memenuhi efektifitas organisasi ruang berdasarkan pengelompokan aktifitas, memenuhi ketercapaian standarisasi sarana prasaranana maupun ruang dan barang. Ketercapaian sasaran fasilitas, standarisasi, pemanfaatan elemen interior hingga aspek pengelolaan koseptual islami masih belum diaplikasikan secara maksimal. Sehingga dibutuhkan perancangan interior Pascasarjana dengan mempertibangkan aspek organisasi ruang berdasarkan fungsional, karakter, kategori dan standarisasi ruang dalam upaya penerapan pengelolaan elemen interior hingga pengelolaan furniture dalam ruang akademik maupun non-akademik. Penerapan standarisasi menjadi acuan nasional untuk diterapkan sebagai dasar ketentuan ruang gerak manusia didalam aktifitas kerja. Perancangan ulang berdasarkan permasalahan yang didapatkan dari data yang selanjutnya dilakukan analisa terhadap permasalahan untuk mendapatkan jalan keluar dari desain dan pengaplikasian konsep tema islami dalam interaksi didalamnya. Hasil akhir perancangan berupa lembar kerja desain, pemaparan visual tiga dimensi berdasarkan konsep islami yang diterapkan oleh Muhammadiyah sebagai media visualisasi perancangan ulang Pascasarjana universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam penerapan elemen desain yang konseptual dan menjawab permasalah.
Kata kunci : Standarisasi Pascasarjana, konsep Muhammadiyah, Elemen Interior