ABSTRAK
Pikiran Rakyat Bandung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bagian percetakan. Meningkatnya jumlah media cetak di Indonesia berbanding terbalik dengan jumlah pembacanya yang semakin menurun dari tahun ke tahun karena di pengaruhi beberapa faktor. Dari hal itu Pikiran Rakyat menghadirkan surat kabar secara online (E-paper) untuk mempertahankan Loyalitas Konsumen masyarakat Bandung Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setelah hadirnya E-paper terhadap Loyalitas Konsumen Pikiran Rakyat di kota Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, data di kumpulkan melalui metode kuesioner dengan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian mengungkapkan tingkat Loyalitas Konsumen pada Pikiran Rakyat setelah hadinya E-paper sudah termasuk dalam kategori baik yang berada pada persantase sebesar 73,96%. Hal ini menunjukan bahwa setelah adanya surat kabar online (E-paper), pikiran rakyat berhasil mendapatkan loyalitas konsumen masyarakat kota Bandung.
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Surat Kabar Online (E-paper), Perilaku Konsumen